( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIA SMPN 11 KOTA BENGKULU

Lestari, Yuni and Sri , Irawati and Yenita, Yenita (2009) ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIA SMPN 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of YUNI LESTARI-2.pdf] Text
YUNI LESTARI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas VIIIA SMPN 11 Kota Bengkulu, dengan
tujuan Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIII A SMP N
11 Kota Bengkulu pada pembelajaran biologi dengan penerapan Pendekatan Kontekstual
melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan Struktur dan fungsi
jaringan pada tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap: 1). Perencanaan, 2).
Pelaksanaan tindakan 3). Observasi 4). Refleksi. Instrumen penelitian ini adalah lembar
observasi guru dan siswa serta lembar tes. Pada siklus I rata-rata skor observasi guru adalah 25,5
yang termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 21 yang
termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dimana rata-rata skor observasi
guru adalah 29 yang termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa
adalah 22,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar siswa pada setiap
siklus dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal, dan diperoleh nilai rata-rata
siswa pada siklus I adalah 71,18 dengan persentase ketuntasan belajar 85,1% dengan kriteria
tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 87,7 dengan persentase
ketuntasan belajar yaitu 94,1% dengan kriteria tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Penerapan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi Siswa Kelas
VIIIA SMPN 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:04
Last Modified: 30 Nov 2013 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200