PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING MELALUI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LEBONG ATAS

Afrianeta, Ade and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING MELALUI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LEBONG ATAS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ADE APRIANETA-2.pdf] Text
ADE APRIANETA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Lebong Atas pada pokok bahasan
Sistem Koloid dengan menggunakan teknik probing (pertanyaan pelacak)
melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri atas tahapan-
tahapan, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi,
dan 4) Refleksi . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMA negeri 1Lebong Atas yang terdiri atas 10 orang siswa laki-laki dan 14
orang
siswa
perempuan.
Data
yang
diperoleh
diolah
dengan
menggunakan teknik analisa deskriftif, yaitu mendeskripsikan data dari
sumber data melalui lembar tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari
hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
kimia dengan menggunakan teknik probing (pertanyaan pelacak) melalui
metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar
siswa. Hasil penelitian menunjukkan (a) peningkatan hasil belajar siswa
dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 61,67;
persentase daya serap klasikal 61,67% dan ketuntasan belajar klasikal
65,2%. Siklus II sebesar 70,39; persentase daya serap klasikal 70,39%
dan ketuntasan belajar klasikal 73,9%. Kemudian meningkat lagi pada
siklus III sebesar 71,78; persentase daya serap klasikal 71,78% dan
ketuntasan belajar klasikal 86,9%. (b) aktivitas siswa menunjukkan bahwa
pada siklus I skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 25,5 kategori cukup,
siklus II sebesar 35,5 dengan kategori baik, siklus III sebesar 38,5 dengan
kategori baik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:27
Last Modified: 30 Nov 2013 08:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item
View Item