Agustian, Dendy and Makmun, Reza Razali and Mukhlis, Islam (2025) ANALISIS DAN SIMULASI KINERJA SIMPANG 4 TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023 DAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIM (Studi Kasus Simpang Periuk). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Dendy Agustian G1B020093 - Dendy Agustian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kota Lubuklinggau, khususnya di Kecamatan Lubuklinggau Selatan 2,
menghadapi masalah kemacetan lalu lintas yang cukup serius, terutama di
Simpang Tak Bersinyal 4 Lengan Jalan Simpang Periuk. Persimpangan ini sering
mengalami pertemuan arus lalu lintas dari berbagai arah, yang diperparah oleh
ketiadaan alat pemberi isyarat lalu lintas. Hal ini menyebabkan antrian kendaraan
yang panjang, tundaan, serta meningkatkan risiko kecelakaan dan ketidak
teraturan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang
4 tak bersinyal tersebut menggunakan dua metode, yaitu Pedoman Kapasitas
Jalan Indonesia 2023 dan simulasi PTV Vissim, serta membandingkan hasil dari
kedua metode tersebut untuk evaluasi dan perbaikan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi data persimpangan, arus lalu lintas, geometri jalan,
kapasitas jalan, kondisi lalu lintas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang
antrian. Hasil analisis PKJI 2023 menunjukkan volume lalu lintas total sebesar
1.626 smp/jam, kapasitas simpang mencapai 2.106,54 smp/jam, derajat
kejenuhan 0,77, tundaan rata-rata 15,82 smp/detik, dan tingkat pelayanan
kategori “C”. Simulasi menggunakan PTV Vissim menghasilkan panjang antrian
rata-rata 10,39 meter, tundaan rata-rata 16,05 smp/detik, tingkat pelayanan
kategori “C”, dan konsumsi bahan bakar rata-rata 7,18 liter. Perbandingan kedua
metode menunjukkan kesamaan dalam tingkat pelayanan namun terdapat
perbedaan kecil pada nilai tundaan, di mana PKJI 2023 mendapatkan hasil
tundaan 15,82 smp/detik sedangkan PTV Vissim mencatat 16,05 smp/detik.
Berdasarkan analisis ini, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan
menggunakan perangkat lunak lain sebagai pembanding serta mengeksplorasi
solusi terbaik guna meningkatkan kinerja simpang 4 tak bersinyal Jalan Simpang
Periuk, seperti penambahan APILL, perbaikan geometri jalan, atau penerapan
sistem manajemen lalu lintas yang lebih efektif. Kedepannya diharapkan arus lalu
lintas di persimpangan ini dapat menjadi lebih lancar, aman, dan efisien.
Kata kunci : PKJI 2023, PTV Vissim, Kinerja Simpang, Level of Service.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:09 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25616 |