Sitompul, Ramces Lan Rizky and Makmun, Reza Razali and Mukhlis, Islam (2025) OPTIMASI KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL BENGKULU TENGAH (Studi Kasus : Jl. Tugu Hiu, Jl. Pasar Pedati, dan Jl. Kerkap). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI G1B020017_Ramces Lan Rizky Sitompul - Ramces Lan Rizky Sitompul.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Persimpangan merupakan bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau
jurusan bertemu. Akibatnya di persimpangan terjadi konflik antara arus dari jurusan
yang berlawanan dan saling memotong, sehingga terjadinya kemacetan di
sepanjang lengan simpang. Persimpangan yang mengalami konflik yaitu simpang
tiga tak bersinyal Jalan Pasar Pedati yang memiliki tiga lengan yaitu Jl. Tugu Hiu,
Jl. Pasar Pedati dan Jl. Kerkap yang terletak di Bengkulu Tengah. Persimpangan
Pasar Pedati merupakan jalan utama menuju pusat Kota Bengkulu dan Pelabuhan
Pulau Baii. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas eksisting
pada persimpangan Jalan Pasar Pedati dengan menganalisis kapasitas, nilai derajat
kejenuhan (DJ), tundaan, peluang antrian dan menentukan tingkat pelayanan atau
Level of Service. Metode pada penelitian ini menggunakan PKJI (Pedoman
Kapasitas Jalan Indonesia) 2023 dan melakukan simulasi menggunakan software
PTV Vissim. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan arus puncak pada simpang
tiga tak bersinyal Jalan Pasar Pedati ini didapat pada hari kerja yaitu hari Senin,
Jam 13:00-14:00 dengan jumlah kendaraan sebanyak 2532 kend/jam, dengan
volume arus lalu lintas yang didapat pada kondisi eksisting 1671.2 SMP/jam,
dimana volume lalu lintas pada lengan pendekat C dengan nilai 832,8 SMP/jam,
lebih besar dibandingkan dengan lengan pendekat A dengan nilai 352 SMP/jam dan
lengan pendekat B dengan nilai 486,4 SMP/jam. Perhitungan derajat kejenuhan
dengan nilai 0,61, nilai tundaan simpang sebesar 11,12 detik/SMP sehingga
didapatkan kinerja simpang dengan Level of Service atau tingkat pelayanan yang
mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No 96 Tahun 2015 yaitu kondisi
simpang masih dalam tingkat pelayanan yang baik (B), serta peluang antrian untuk
batas atas peluang sebesar 32,92% dan batas bawah peluang sebesar 15,68%.
Kata kunci: optimasi, kinerja simpang, kapasitas, derajat kejenuhan, PKJI 2023.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:16 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25629 |