IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Hidayat, Habibi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of HABIBI HIDAYAT-2.pdf] Text
HABIBI HIDAYAT-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada mata
pelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dengan menggunakan teknik berkirim salam dan soal. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu tahun
ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 orang siswa, yang terdiri dari 18
orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Jenis penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan
tiga siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi : 1)
rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi,
kemudian menentukan rencana tindakan siklus selanjutnya. Data diolah
dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai total
setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar,
dan rata-rata skor observer.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan
menggunakan teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil
belajar kimia dan keaktifan siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu.
Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 50,75
siklus II 52,2 dan siklus III 72,75 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus 1
sebesar 50,75% siklus II 52,2% dan siklus III 72,75% (3) ketuntasan
belajar siswa pada siklus 1 sebesar 35% siklus II sebesar 52,5% dan pada
siklus III sebesar 85% (4) aktivitas siswa siklus 1 dengan skor rata-rata 26
(cukup) siklus II dengan skor rata-rata 31,5 (cukup) dan siklus III dengan
skor rata-rata 39 (baik).

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:45
Last Modified: 30 Nov 2013 08:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item
View Item