Suherman, Irwan and Amrul, Bahar and Rina, Elvia (2009) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN PSI (PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION) DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU”. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![SKRIPSI IRWAN SUHERMAN.pdf [thumbnail of SKRIPSI IRWAN SUHERMAN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IRWAN SUHERMAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar kimia siswa serta mengetahui respon siswa terhadap
pembelajaran melalui pendekatan PSI (Personalized
System
of
Instruction) dengan bantuan tutor sebaya (Peer Tutor). Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 kota Bengkulu
yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus,
dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Teknik analisis
data menggunakan rumus dari rata - rata nilai, ketuntasan belajar secara
klasikal dan daya serap klasikal. Data observasi terdiri dari data
observasi aktivitas guru dan siswa yang dianalisis menggunakan rumus
rata - rata skor dan interval skor, dan data angket dianalisis dengan
menggunakan rumus jumlah respon siswa yang menjawab positif dan
siswa yang menjawab negatif. Berdasarkan analisis hasil dan
pembahasan, diketahui bahwa penerapan pendekatan PSI (Personalized
System of Instruction) dengan bantuan tutor sebaya (Peer Tutor) dapat
meningkakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari
aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I
diperoleh rata – rata skor 23 dengan kategori cukup, siklus I adalah 26
dengan kategori baik dan pada siklus III adalah 32 berada pada kategori
baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus
III, pada siklus I rata – rata nilai 60,12 (daya serap 60,12 %) dan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 42,85 %. Pada siklus II nilai
rata – rata yang diperoleh adalah 70,95 (daya serap 70,95 %) dan
ketuntasan belajar secara klasikal adalah 73,81 %. Pada siklus III nilai
rata – rata diperoleh 76,62 (daya serap 76,62 %) dan ketuntasan secara
klasikal sebesar 83,33 %. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan
pendekatan PSI ini sangat positif yang terlihat dari jumlah siswa
merespon positif tiap siklus, untuk siklus I sebesar 76,2 %; siklus II
sebesar 92,9 %; siklus III sebesar 100 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 08:50 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 08:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2566 |