Pebrianti, Dea (2025) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING TERHADAP KECENDERUNGAN SELF INJURY. Other thesis, Universitas Bengkulu.
DEA PEBRIANTI_A1L020074 - Dea Pebrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecenderungan self injury pada
mahasiswa dengan menggunakan teknik exspressive writing pada mahasiswa
bimbingan konseling angkatan 2022 Universitas Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen two group pretest-posttest control design.
Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa bimbingan konseling
angkatan 2022 kelas A Universitas Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket kecenderungan self injury dengan model
skala Likert, dan analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil pre-test dan
post-tes kelompok eksperimen mengalami penurunan dengan nilai rata-rata skor
141,00 menjadi 109,75. Sementara hasil pre-test dan post-tes kelas kontrol
mengalami penurunan tetapi tidak sebanyak kelompok eksperimen dengan nilai
rata-rata skor 137,50 menjadi 125,25. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t
bahwa penurunan yang dihasilkan pada kelompok eksperimen lebih besar dengan
nilai 35,25 pada kelompok kontrol sebesar 12,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik exspressive writing
terhadap kecenderungan self injury pada mahasiswa bimbingan konseling
angkatan 2022.
Kata kunci : Kecendrungan Self Injury, Layanan Konseling
Kelompok, Teknik Exspressif Writing
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25666 |

