P E N G A R U H B I M B I N G A N K E L O M P O K D E N G A N T E K N I K SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Khairunnisa, Ferina Kusuma and Yessy, Elita and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) P E N G A R U H B I M B I N G A N K E L O M P O K D E N G A N T E K N I K SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
FERINA KUSUMA_A1L020077_BK_UNIB - Ferina Kusuma Khairunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan kelompok
dengan Teknik sosiodrama untuk meningkatkan pemahaman perilaku asertif pada
siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode eksperimen dengan two group Pre-Test Post-Test Control
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS D SMA Negeri
6 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 siswa. Sampel penelitian berjumlah 14 siswa
yang meliputi 7 siswa kelompok eksperimen dan 7 siswa kelompok kontrol
diambil dengan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket perilaku asertif dengan model skala Likert dan analisis data
penelitian menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat
pemahaman perilaku asertif pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan Teknik sosiodrama dalam kategori rendah dan Tingkat
pemahaman perilaku asertif pada kelompok tanpa teknik sosiodrama juga dalam
kategori sedang, kemudian Tingkat pemahaman perilaku asertif pada siswa
setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
dalamkategori sangat tinggi, sedangkan Tingkat pemahaman perilaku asertif pada
sisw setelah diberikan layanan bimbingan kelompok tanpa teknik sosiodrama
tergolong sedang. Hasil penelitian uji-t menunjukkan terdapat perbedaan Tingkat
pemahaman perilaku asertif antara siswa yang menerima layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama dan pemahaman perilaku asertif pada siswa
yang menerima layanan tanpa teknik. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk
meningkatkan pemahaman perilaku asertif.
Kata Kunci : Perilaku Asertif, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:48
Last Modified: 22 Sep 2025 08:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200