PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA

Abadi, Cindy Azizah and Yessy, Elita and Mayang, T. Afriwilda (2025) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
FIX SKRIPSI CINDY AZIZAH ABADI CETAK - Cindy Azizah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan klasikal melalui
metode diskusi terhadap tingkat kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan two group pre-test post- test design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 360
siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa terdiri dari 2 kelas sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol dimana diambil dengan teknik Intact-Group Design.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemampuan memecahkan
masalah siswa dengan model skala Likert dengan tingkat reliabilitas sebelum item
gugur yaitu sebesar 0,922 dan setelah item gugur nilai uji reliabilitas meningkat
menjadi 0,932 yang berarti instrumen angket kemampuan memecahkan masalah
siswa memiliki reliabilitas yang baik. Teknik analisis data penelitian
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat tingkat
kemampuan memecahkan masalah siswa sebelum diberikan bimbingan klasikal
dengan metode diskusi pada kelas eksperimen dengan skor rata-rata 72,08 dan
kelas kontrol dengan skor rata-rata 69,83 dengan kategori rendah. Skor rata-rata
setelah diberikan bimbingan klasikal dengan metode diskusi pada kelas
eksperimen 106,31 dan kelas kontrol 100,11 dengan kategori tinggi. Hasil uji-t
menunjukkan nilai 3,778. Diketahui hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh
bimbingan klasikal dengan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah siswa.
Kata Kunci: kemampuan memecahkan masalah siswa, bimbingan klasikal,
metode diskusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:48
Last Modified: 22 Sep 2025 08:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25669

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200