Ningsih, Rita Putri and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2025) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
RITA PUTRI NINGSIH_A1L020011_BK_UNIB - RITA PUTRI NINGSIH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh bimbingan klasikal dengan
teknik brainstorming untuk meningkatkan keterlibatan pada siswa XI SMA Negeri
05 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
pre-test-post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI
SMA Negeri 05 Kota Bengkulu yang berjumlah dua belas kelas. Sampel penelitian
ini kelas XI 9 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI 8 sebagai kelas kontrol diambil
dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah skala model likert observasi keterlibatan siswa. Teknik analisis data penelitian
menggunakan uji-t. hasil awal pertemuan kelas eksperimen mengalami peningkatan
dengan nilai rata-rata skor 13,25 menjadi 18,75 sementara hasil awal pertemuan
kelas kontrol mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 13,25 menjadi 15, 1875
Hasil hipotesis dengan uji-t diketahui bahwa peningkatan yang dihasilkan pada kelas
eksperimen lebih tinggi dengan nilai 18,75 sedangkan kelompok kontrol sebesar 15,
1875. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pelaksanaan bimbingan klasikal dengan
teknik brainstorming tidak terlalu efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa
pada kelas XI SMA Negeri 05 Kota Bengkulu.
Kata kunci: keterlibatan siswa, bimbingan klasikal, teknik brainstorming
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25676 |

