Sari, Putri Juairyah Purnama and Sri, Saparahayuningsih and Syahriman, Syahriman (2025) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI PUTRI JUAIRYAH PURNAMA SARI-1 - Putri Juairyah Purnama sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perencanaan karir dengan
menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi terhadap siswa
Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini
merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 25
siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan
teknik intact group random sampling. Teknik analisis data penelitian
menggunakan Uji T (paired sample test) dengan rumus Bungin. Hasil
penelitian sebelum diberi layanan dengan rata-rata 100.84 yang berkategori
sedang. Setelah diberi layanan nilai rata-rata siswa dengan skor 128.96 yang
berkategori tinggi. Uji hipotesis pada penelitian ditunjukan dengan nilai t= -
7.438 yang berarti terdapat peningkatan terhadap pengaruh layanan klasikal
dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir pada siswa. Dari hasil
penelitian disarankan kepada guru BK dapat menggunakan model layanan
bimbingan klasikal untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.
Kata Kunci : perencanaan karir, layanan bimbingan klasikal, teknik diskusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25678 |