EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK SELF-CONTROL UNTUK MENURUNKAN PERILAKU CYBERBULLYING SISWA

Anggela, Dora and I Wayan, Dharmayana and Mayang, T. Afriwilda (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK SELF-CONTROL UNTUK MENURUNKAN PERILAKU CYBERBULLYING SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
Skripsi_DORA_ANGGELA_CETAK - Dora Anggela.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas layanan konseling
kelompok cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik self-control untuk
menurunkan perilaku cyberbullying siswa. penelitian ini menggunakan metode
eksperimen two group pre-test post-test control desaign. Populasi pada penelitian
ini yakni kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dengan jumlah 55
siswa. Subjek penelitian berjumlah 10 orang yang meliputi 5 kelompok kontrol
dan 5 kelompok eksprimen diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan model skala likert.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil pre-test
dan post-test kelompok eksperimen mengalami penurunan dengan nilai rata-rata
skor 159,6 menjadi 91. Sementara hasil pre-test dan post-test kelompok kontrol
mengalami penurunan tetapi tidak sebanyak kelompok eksperimen dengan nilai
rata-rata skor 161,2 menjadi 149,6. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t
bahwa penurunan yang dihasilkan pada kelompok eksperimen lebih besar dengan
nilai 68,6 pada kelompok kontrol 11,6. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh layanan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) dengan
teknik self-control untuk menurunkan perilaku cyberbullying siswa.
Kata kunci: Perilaku Cyberbullying, Konseling Kelompok CBT, Teknik Self-
control

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:48
Last Modified: 22 Sep 2025 08:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25679

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200