Shabirah, Shafa and Yessy, Elita and Adif, Jawadi Saputra (2025) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN FLOW AKADEMIK SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_SHAFA SHABIRAH_A1L020078 - Shafa shabirahhh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan klasikal
dengan teknik mindfullness untuk meningkatkan flow akademik siswa. Penelitian
dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan two group pre-test post-tes
control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMP
Negeri 03 Kota Bengkulu yang berjumlah 157 siswa. Sampel penelitian berjumlah
25 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol diambil dengan teknik
simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket flow
akademik dengan model skala Likert, dan analisis data penelitian menggunakan
uji-t Independent Sample T-test dan Paired Sample T- test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat flow akademik pada siswa kelas eksperimen sebelum
diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik mindfullness dalam kategori
rendah dengan rata-rata skor 98,32 dan setelah diberikan perlakuan berada
dikategori tinggi dengan rata-rata skor 139,92. Sedangkan kelas kontrol sebelum
diberikan layanan bimbingan klasikal tanpa teknik mindfullness berada pada
kategori rendah dengan rata-rata skor 103,06 dan tingkat flow akademik pada
siswa setelah diberikan layanan bimbingan klasikal tanpa teknik mindfullness
berada pada rata-rata skor 111,55. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan
tingkat flow akademik antara siswa yang menerima bimbingan klasikal dengan
teknik mindfullness dan tingkat flow akademik pada siswa dengan bimbingan
klasikal tanpa teknik mindfullness. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik mindfullness
meningkatkan flow akademik siswa.
Kata kunci: Flow Akademik, Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik
Mindfullness
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25681 |