ENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) UNTUK MENURUNKAN TINGKAT GLOSSOPHOBIA PADA SISWA

Mayanti, Uci Dwi and Anni, Suprapti and Arsyadani, Mishbahuddin (2025) ENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIORAL THERAPY (REBT) UNTUK MENURUNKAN TINGKAT GLOSSOPHOBIA PADA SISWA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
UCI DWI MAYANTI A1L020076 (UNIB) - Uci Dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok
menggunakan pendekatan REBT dalam mereduksi gloossophobia pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan
desain penelitian two group pre-test post-test control design. Populasi dalam
penelitian ini terdiri dari siswa kelas IX SMP N 5 Kota Bengkulu dengan total 68
siswa. Subjek penelitian berjumlah 10 orang, terdiri dari 5 siswa dalam kelompok
kontrol dan 5 siswa dalam kelompok eksperimen, yang dipilih dengan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan
model skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat glossophobia
siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT
berada pada kategori tinggi, demikian juga tingkat glossophobia siswa sebelum
mendapatkan layanan konseling kelompok tanpa pendekatan REBT yang juga
dalam kategori tinggi. Namun, setelah diberikan layanan konseling kelompok
dengan pendekatan REBT, tingkat glossophobia siswa menurun dalam kategori
rendah, sementara tingkat glossophobia pada siswa yang menerima layanan
konseling kelompok tanpa pendekatan REBT berada dalam kategori sedang. Hasil
uji t menunjukkan adanya perbedaan tingkat glossophobia antara siswa yang
menerima konseling kelompok dengan pendekatan REBT dan siswa yang
menerima konseling kelompok tanpa pendekatan tersebut. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT
berpengaruh dalam menurunkan tingkat glossophobia pada siswa.
Kata kunci: Glossophobia, Konseling Kelompok, Pendekatan REBT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:48
Last Modified: 22 Sep 2025 08:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200