ANALISIS EFISIENSI USAHA DAN SALURAN PEMASARAN PERIKANAN TANGKAP KEPITING BAKAU DI KOTA BENGKULU

Repaldo, Diki Wahyu and Irnad, Irnad and Indra, Cahyadinata (2025) ANALISIS EFISIENSI USAHA DAN SALURAN PEMASARAN PERIKANAN TANGKAP KEPITING BAKAU DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Diki Wahyu Repaldo Fiks - Diki Wahyu Repaldo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Usaha penangkapan kepiting bakau ini merupakan usaha yang termasuk usaha kecil
dan usaha ini merupakan salah satu usaha yang pada dasarnya memiliki penghasilan yang
tidak menentu, namun mereka para penangkap kepiting di Kota Bengkulu dapat bertahan
hidup dalam jangka waktu yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar tingkat efisiensi usaha dan saluran pemasaran perikanan tangkap kepiting
bakau di Kota Bengkulu.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 di Kota Bengkulu, penentuan responden
nelayan menggunakan metode purposive yaitu memilih secara sengaja individu yang
merupakan nelayan kepiting bakau dengan jumlah responden 17 orang dan lembaga
pemasaran menggunakan snowball dengan jumlah responden 7 orang pengepul yang terlibat
dalam pemasaran kepiting bakau. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
pada analisis efisiensi usaha menggunakan analisis R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan
pada efisiensi pemasaran menggunakan analisis Marketing Margin, Farmer's Share dan
Efisiensi Pemasaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai rata-rata hasil analisis R/C ratio
(Revenue to Cost ratio) pada nelayan perikanan tangkap kepiting bakau di Kota Bengkulu
yaitu sebesar 2,29. Angka ini mengindikasikan bahwa usaha perikanan tangkap kepiting
bakau di daerah tersebut sudah efisien dan pemasaran perikanan tangkap kepiting bakau di
Kota Bengkulu diketahui sudah efisien. Dengan nilai efisiensi pada saluran I sebesar 2,16%,
nilai efisiensi pemasaran pada saluran II sebesar 2,16%, Nilai efisiensi saluran pemasaran
III sebesar 1,25%.
Kata kunci: Nelayan, kepiting bakau, efisiensi usaha, saluran pemasaran.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:02
Last Modified: 23 Sep 2025 01:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25708

Actions (login required)

View Item
View Item