Utami, Irma Putri and Rina, Elvia and Sura, Menda Ginting (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI KONSEP MOL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MAN 2 KEPAHIANG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
IRMA PUTRI UTAMI_A1F020049_1 - Dewi Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-modul Interaktif untuk meningkatkan
pemahaman konsep peserta didik pada materi Konsep Mol. Hasil pengembangan
yang diukur berupa tingkat kelayakan, respon peseta didik, dan hasil belajar yang
dilihat dari n-gain skor. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model
ADDIE. Penelitian ini diimplementasikan di MAN 2 Kepahiang sejak bulan Maret
hingga September 2024. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 10 peserta didik
kelas X7 untuk uji coba kelompok kecil dan 32 peserta didik kelas X5 untuk uji coba
kelompok besar. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive
sampling didukung dengan uji normalitas. Instrumen penelitian yang digunakan
pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik,
lembar validasi, angket respon peserta didik, Pre-test dan Posttest. Hasil uji validasi
ahli didapatkan hasil rata-rata persentase sebesar 89% berkategorikan sangat layak.
Uji respon peserta didik sebesar 92,35% berkategorikan sangat layak. N-gain
diperoleh sebesar 0,50 berkategorikan peningkatan sedang. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa E-modul Interaktif yang dikembangkan sangat layak
digunakan pada proses pembelajaran materi Konsep Mol dan terbukti dapat
mingkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Kata Kunci : E-modul Interaktif, ADDIE, Pemahaman Konsep, Konsep Mol
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:18 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 02:18 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25710 |

