ANALISIS FUNGSI PESAN NONVERBAL DALAM INTERAKSI BELAJAR ANAK AUTIS DI SLBN KOTA BENGKULU

Baiquni, A and Ani, Suprapti and Yudisiani, Yudisiani (2008) ANALISIS FUNGSI PESAN NONVERBAL DALAM INTERAKSI BELAJAR ANAK AUTIS DI SLBN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Skripsi A_ baiquni.pdf] Text
Skripsi A_ baiquni.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Analisis Fungsi Pesan Nonverbal dalam Interaksi Belajar Anak Autis di
SLBN kota Bengkulu”, penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif yaitu, untuk mengetahui
bagaimana pesan nonverbal di pergunakan dalam proses interaksi belajar anak autis. Penelitian
bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan fungsi pesan nonverbal dalam interaksi
belajar anak autis. Penelitian dilakukan di Sekolah Luar Biasa Negri Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasai. Sumber
data diperoleh secara primer dan sekunder dengan menggunakan triangulasi teori dan sumber.
Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar, anak-anak autis, dan pihak lainnya. Hasil
penelitian mengungkapkan bahwa : a) Masing-masing anak autis mempunyai cara tersendiri
dalam melakukan proses repetisi, substitusi dan identitas. Perubahan interaksi yang terjadi dan
dialami oleh anak autis akan sangat mempengaruhi tingkat penerimaan mereka terhadap
berbagai pesan nonverbal yang ditujukan kepada mereka, b) Kemampuan anak autis dalam
menerima atau merespon pesan nonverbal yang ditujukan kepada mereka akan berperan besar
terhadap interaksi belajarnya, c) Penggunaan berbagai macam pesan nonverbal dalam
kehidupan anak autis akan mempengaruhi pola interaksi dan proses belajar anak autis dan
dalam lingkungan sekitarnya. Penggunaan pesan nonverbal yang tidak sesuai dalam
menyampaikan suatu maksud tertentu kepada anak autis, maka anak-anak tersebut tidak akan
dapat memberikan respon sesuai dengan yang diinginkan dari hasil interaksi yang berlangsung
tersebut. Kesimpulan yaitu masing-masing anak dengan caranya sendiri-sendiri melakukan
proses repetisi, substitusi dan identitas yang berbeda baik dengan sesama anak autis apalagi
dengan orang lain.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 18:23
Last Modified: 30 Nov 2013 18:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item
View Item