Rahmat, Abdul and Syafrial, Syafrial and Ari, Sutisyana (2025) ANALISIS KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENYIKAPI KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA PJOK PADA SATUAN PENDIDIKAN SD DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_ABDUL_RAHMAT_pdf perpu.s.s-halaman-dihapus-dikompresi_compressed - Abdul Rahmat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru Pendidikan Jasmani
dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani pada
satuan pendidikan dasar di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.
Penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 9 orang guru PJOK. Pengumpulan data
melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sarana dan prasarana PJOK yang memenuhi sesuai standar
sebesar 53,67% dan yang kurang memenuhi standar sebesar 46,33%. Serta yang
berada dalam kondisi baik sebesar 35,22% dan yang berada dalam kondisi kurang
sebesar 64,78%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar
Sekolah telah memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi standar, namun
kualitas dan kondisi prasarana tersebut masih perlu mendapat perhatian khusus
untuk mendukung pembelajaran PJOK yang lebih efektif dan aman. Tingkat
kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana pada satuan
pendidikan dasar di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu adalah sangat
kreatif (82,96%). Peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pada efektivitas
teknologi dalam pembelajaran PJOK, serta bagaimana teknologi dapat digunakan
untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran olahraga di Sekolah
Dasar. Selain itu, penelitian komparatif dengan Sekolah-Sekolah di daerah lain
perlu dilakukan untuk melihat bagaimana kreativitas guru PJOK berkembang
dalam konteks sarana dan prasarana yang berbeda. Hal ini akan memberikan
gambaran yang lebih luas tentang strategi yang efektif dalam berbagai kondisi
Sekolah.
Kata Kunci : Kreativitas, Guru PJOK, Sarana dan Prasarana PJOK, Satuan Pendidikan SD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physical Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:07 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25771 |