MARFUAH, SITI and Rina, Elvia and Nurhamidah, Nurhamidah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ISPRING SUITE 11 UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SITI MARFUAH_A1F020002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, dimana produk yang
dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif berbantuan ispring suite 11
unntuk menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan
penyangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media
pembelajaran dan untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik
pada materi larutan penyangga. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg
and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, namun pada penelitian ini hanya
dilakukan sampai tahap ketujuh. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota
Bengkulu sejak bulan September hingga bulan Desember dengan subjek
penelitian yaitu 33 peserta didik kelas XII.F. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar
validasi, angket respon peserta didik dan soal evaluasi. Dari hasil penelitian yang
dilakukan diperoleh (1) kelayakan oleh validator ahli media diperoleh nilai
persentase sebesar 95,3% yang berada pada kategori sangat valid, dari ahli materi
diperoleh nilai persentase sebesar 93,35% dengan kategori valid, dan dari ahli soal
memperoleh nilai persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat layak, (2)
respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif pada materi larutan
penyangga yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan
persentase 91%, (3) berdasarkan uji kemampuan berpikir kritis menunjukkaan
bahwa media pembelajaran interaktif hanya mampu menstimulus 3 sub indikator
kemampuan berpikir kritis yaitu pada sub indikator menyebutkan contoh,
menerapkan prinsip-prinsip dan membuat generalisasi atau kesimpulan.
Sementara itu, media pembelajaran ini belum optimal dalam menstimulus 3 sub
indikator lainnya yaitu pada sub indikator kemampuan memberikan alasan,
menginterpretasi istilah atau pernyataan, dan menyelesaikan kriteria untuk
membuat solusi. Namun secara keseluruhan, media pembelajaran interaktif
memperoleh nilai persentase sebesar 82,3% dengan kategori kritis.
Kata kunci : media pembelajaran interaktif, model Borg and Gall, larutan
penyangga
*email : sitimarfuah2714@gmail.com
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science |
Depositing User: | Oka Ariani S.IPust |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25798 |