ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIKAP DALAM

Azzahra, Annisa and Ringki, Agustinsa and Edi, Susanto (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIKAP DALAM. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
A1C018064_ANNISA AZZAHRA_SKRIPSI FULL - 8064 annisa azzahra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik berdasarkan langkah Polya pada materi Program Linear di
kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sikap Dalam. Metode yang digunakan adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui tes tertulis dan wawancara untuk
memahami kesulitan serta strategi peserta didik dalam menyelesaikan masalah
matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik
berada pada kategori sedang, dengan rincian 12,5% berkategori tinggi, 62,5%
berkategori sedang, dan 25% berkategori rendah. Indikator pemahaman masalah
mencapai 63,06% (tinggi), perencanaan penyelesaian 58,44% (sedang),
penyelesaian masalah 53,8% (sedang), serta pemeriksaan kembali dan pembuatan
kesimpulan 72,3% (tinggi). Peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu
memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik, tetapi kurang
mendokumentasikan langkah-langkah penyelesaian secara sistematis. Peserta didik
dalam kategori sedang dan rendah cenderung mengalami kesulitan dalam
perhitungan serta penyusunan model matematika yang tepat. Oleh karena itu, guru
diharapkan dapat menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah serta
memberikan pendampingan yang lebih intensif bagi peserta didik yang
membutuhkan.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Langkah Polya, Program Linear.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:40
Last Modified: 23 Sep 2025 03:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200