Rahmatullah, Pentha and Della, Maulidiya and Elwan, Stiadi (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG DI SMAN 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
analisis_kemampuan_pemahaman_konsep_matematis_siswa_pada_materi_peluang_sma_1_kota_bengkulu - Pentha Rahmatullah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan aspek mendasar dalam pembelajaran
matematika, terutama dalam materi peluang yang memiliki aplikasi luas dalam
kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat
pemahaman konsep peluang siswa kelas XI di SMAN 1 Kota Bengkulu. Metode
yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes
tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor
pemahaman konsep siswa adalah 80,35, dengan sebagian besar siswa berada dalam
kategori pemahaman tinggi. Siswa dengan pemahaman tinggi mampu menerapkan
konsep peluang secara sistematis dan benar, sedangkan siswa dengan pemahaman
rendah mengalami kesulitan dalam merepresentasikan konsep secara matematis dan
menghubungkannya dengan konteks nyata. Faktor utama yang memengaruhi
pemahaman siswa meliputi kecenderungan menghafal rumus tanpa memahami
konsep mendasar serta minimnya pengalaman dalam menerapkan strategi
pemecahan masalah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang
lebih interaktif dan berbasis eksplorasi konsep untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap peluang serta kemampuannya dalam menerapkan konsep tersebut
dalam berbagai situasi.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Peluang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:40 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:40 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25800 |

