Utami, Serli Yolanda and Nurul, Astuty Yensy and Dewi, Rahimah (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SERLI YOLANDA UTAMI (A1C020040)_SKRIPSI - Serli Yolanda Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model
Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest Only Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu
Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan
teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII.1 yang berjumlah 26 orang siswa
sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa soal uraian.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa �ℎ����� = 16,77 > ������ = 2,008
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based
Learning, LKPD
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:40 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:40 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25802 |

