Revaldo, lham and Della, Maulidiya and ratnah, Lestary (2025) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT MATERI FUNGSI KUADRAT SISWA DI SMK N 04 LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI ILHAM REVALDO (A1C020064)Z - Ilham Revaldo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman
matematis dan Self-Concept siswa pada materi fungsi kuadrat di SMKN 04
Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X Farmasi sebanyak 16
orang. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman matematis dan angket Self-
Concept. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa pemahaman
matematis instrumental memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Self-Concept
(r = 0.931, p < 0.01), sedangkan pemahaman matematis relasional juga memiliki
korelasi yang kuat dengan Self-Concept (r = 0.905, p < 0.01). Dengan demikian,
semakin baik pemahaman matematis siswa, baik secara instrumental maupun
relasional, semakin tinggi pula Self-Concept mereka dalam matematika. Penelitian
ini menguatkan bahwa Self-Concept yang positif dapat berperan dalam
meningkatkan pemahaman matematis siswa, yang pada akhirnya dapat berdampak
pada hasil belajar mereka.
Kata kunci: Fungsi Kuadrat, Pemahaman Matematis, Self-Concept
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:41 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:41 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25804 |

