HUBUNGAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT MATERI FUNGSI KUADRAT SISWA DI SMK N 04 LEBONG

Revaldo, lham and Della, Maulidiya and ratnah, Lestary (2025) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT MATERI FUNGSI KUADRAT SISWA DI SMK N 04 LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
SKRIPSI ILHAM REVALDO (A1C020064)Z - Ilham Revaldo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman
matematis dan Self-Concept siswa pada materi fungsi kuadrat di SMKN 04
Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X Farmasi sebanyak 16
orang. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman matematis dan angket Self-
Concept. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa pemahaman
matematis instrumental memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Self-Concept
(r = 0.931, p < 0.01), sedangkan pemahaman matematis relasional juga memiliki
korelasi yang kuat dengan Self-Concept (r = 0.905, p < 0.01). Dengan demikian,
semakin baik pemahaman matematis siswa, baik secara instrumental maupun
relasional, semakin tinggi pula Self-Concept mereka dalam matematika. Penelitian
ini menguatkan bahwa Self-Concept yang positif dapat berperan dalam
meningkatkan pemahaman matematis siswa, yang pada akhirnya dapat berdampak
pada hasil belajar mereka.
Kata kunci: Fungsi Kuadrat, Pemahaman Matematis, Self-Concept

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:41
Last Modified: 23 Sep 2025 03:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25804

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor