Peradika, Palentin and Nurul, Astuty and Edi, Susanto (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 12 LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_PALENTIN PERADIKA_A1C018002_PERPUSTAKAAN UNIB - Palentin Peradika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
kelas IX SMP Negeri 12 Lebong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pre-test
post-test design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas IX SMP
Negeri 12 Lebong. Sampel penelitian adalah satu kelas eksperimen yang dipilih
secara purposive sampling yaitu kelas IX A yang terdiri dari 24 siswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf
signifikan (α) = 0,05 dan didukung oleh nilai N-Gain sebesar 0,640 dengan tafsiran
cukup efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Lebong dan
model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 12 Lebong.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:41 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:41 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25806 |

