UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS Xc SMAN 9 KOTA BENGKULU

Nurjannah, Ummi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS Xc SMAN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of UMMI NURJANNAH-2.pdf] Text
UMMI NURJANNAH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
kimia siswa kelas Xc SMA Negeri 9 Kota Bengkulu setelah menerapkan
model reciprocal teaching pada pokok bahasan Stoikiometri (sub pokok
bahasan Tata Nama dan Persamaan Reaksi). Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas Xc SMA Negeri 9 Kota Bengkulu tahun
ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang tiap
siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan
tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi
digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan guru siswa
di kelas ketika proses belajar mengajar dengan menggunakan model
reciprocal teaching berlangsung. Tes digunakan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan
pembahasan, diketahui bahwa penerapan model reciprocal teaching pada
pokok bahasan stoikiometri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas
belajar kimia siswa. Hal ini dapat terlihat aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan. Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata skor
15,5 dengan kriteria cukup, siklus II adalah 18,5 pada kriteria baik dan
pada siklus III adalah 22 berada pada kriteria baik. Untuk hasil belajar
siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III yaitu nilai
rata-rata hasil belajar siswa dari 65,025 pada siklus I; 73,33 pada siklus II;
dan 76,842 pada siklus III. Daya serap siswa secara klasikal adalah
65,025 % pada siklus I; 73,33 % pada siklus II; dan 76,842 % pada siklus
III. Ketuntasan belajar secara klasikal dari 75 % pada siklus I; 87,17 %
pada siklus II; dan 92,105 % pada siklus III.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:18
Last Modified: 30 Nov 2013 19:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

View Item
View Item