Astuti, Widi and Amrul, Bahar and Salastri, Rohiat (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![WIDI ASTUTI-2.pdf [thumbnail of WIDI ASTUTI-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WIDI ASTUTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan
keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.
Peneletian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Dengan subjek penelitian siswa kelas X3 SMA Negeri 8 kota
Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. penelitian ini dilaksanakan dalam 3
siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2)
Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar
observasi siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa
di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung dan tes di gunakan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis
hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray (dua tinggal dua tamu) dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari
aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus
I diperoleh rata-rata skor 16,5 dengan kategori baik, siklus II rata-rata skor
19 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor meningkat menjadi 21
juga dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari
siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata
76,75; daya serap klasikal 76,75 % dan ketuntasan belajar 77, 5%, siklus
II menunjukkan nilai rata-rata 78,25; daya serap klasikal 78,25 %, dan
ketuntasan belajar klasikal 85 %, siklus III menunjukkan nilai rata-rata 80
daya serap klasikal 80%, dan ketuntasan belajar klasikal 92,5 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 19:23 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 19:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2584 |