PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS XI TIK SMKS 4 PGRI KOTA BENGKULU

Abdianto, Abdianto and Irsal, Idris and M., Fachruddin (2009) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS XI TIK SMKS 4 PGRI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of ABDIANTO.pdf] Text
ABDIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika yang
menggunakan macromedia flash dengan pembelajaran konvensional, apakah
terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kemampuan tinggi,
sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika yang menggunakan
macromedia flash dengan pembelajaran konvensional, apakah terdapat interaksi
antara pembelajaran matematika yang menggunakan macromedia flash dengan
tingkat kemampuan siswa di kelas XI SMKS 4 PGRI Kota Bengkulu. Untuk
memperoleh data yang diperlukan dalam pengujian hipotesis, dilakukan
penelitian di kelas XI TIK 1 dan XI TIK 2 SMKS 4 PGRI Kota Bengkulu dengan
menggunakan teknik pengumpulan data adalah pemberian posttest/test akhir.
Teknik analisa data yang digunakan adalah anava dua jalur dengan taraf nyata
5%. Dari hasil analisa data diperoleh: untuk data hasil posttest sampel penelitian
di SMKS 4 PGRI Kota Bengkulu, untuk hipotesis yang pertama Fhit = 11,74 dan
Ft = 4.04 karena Fhit > Ft, maka Ho pertama ditolak dengan taraf nyata 5%.
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan antara pembelajaran yang menggunakan Macromedia Flash dengan
pembelajaran konvensional. Untuk hipotesis yang kedua dinyatakan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki
kemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika
menggunakan macromedia flash dengan pembelajaran konvensional. Hal ini
dapat dilihat dari hasil perhitungan pada tabel anava dua jalur, dimana diperolah
Fhitung = 19.08, sedangkan Ftabel = 3.19. Karena Fhitung > Ftabel dalam taraf
signifikan 5 %. Sedangkan untuk hipotesis yang ketiga dinyatakan bahwa Tidak
terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika dengan
menggunakan macromedia flash dan pembelajaran konvensioanl dengan
kemampuan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa yang berkemampuan
tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan pada tabel
anava dua jalur, dimana diperolah Fhitung = 0.37, sedangkan Ftabel = 3.19. Karena
Fhitung < Ftabel dalam taraf signifikan 5 %.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:36
Last Modified: 30 Nov 2013 19:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2586

Actions (login required)

View Item
View Item