Sari, Jetesa Yolanda and Sofino, Sofino and Ari, Putra (2025) PERENCANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN ALTERNATIF PENDIDIKAN NONFORMAL MELALUI PENDIDIKAN REKREASI DI SEIRING ART SPACE KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JETESA YOLANDA SARI_A1J019019_SKRIPSI - Jetesa Yolanda Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan identifikasi kebutuhan
belajar, perencanaan rumusan tujuan, perencanaan objek perekrutan, perencanaan
monitoring pelaksanaan dan perencanaan evaluasi dalam perencanaan program
pembelajaran alternatif pendidikan nonformal melalui pendidikan rekreasi di
Seiring Art Space Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan
teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan identifikasi
kebutuhan belajar dilakukan melalui pendekatan individu untuk memahami minat
dan tujuan peserta dengan penyediaan informasi yang relevan mengenai program
serta fasilitas yang memadai. Program pendidikan rekreasi di Seiring Art Space
tidak hanya bertujuan rekreatif tetapi juga edukatif melalui kegiatan berbasis seni
dan budaya. Objek perekrutan peserta dilakukan secara inklusif dan terbuka untuk
umum dengan strategi promosi secara daring dan luring, serta pembelajaran
intensif. Monitoring pelaksanaan dilakukan secara berkelanjutan melalui observasi
dan dokumentasi untuk memastikan program berjalan sesuai dengan perencanaan.
Evaluasi dilakukan dengan meninjau respon peserta, tingkat partisipasi ulang, serta
kualitas pelayanan dan fasilitas yang tersedia. Dapat diambil kesimpulan dari
penelitian ini perencanaan program pembelajaran alternatif pendidikan nonformal
melalui pendidikan rekreasi di Seiring Art Space menerapkan pendekatan holistik
yang efektif. Proses ini meliputi identifikasi peserta, perumusan tujuan edukasi dan
rekreasi, strategi perekrutan inklusif, serta monitoring dan evaluasi berbasis data
yang berkelanjutan.
Kata Kunci : Perencanaan Program, Pembelajaran Alternatif, Pendidikan
Nonformal, Pendidikan rekreasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25860 |