Yasmin, Nissa Maudi and Sofino, Sofino and Lenni, Mantili Hutauruk (2025) PEER ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN SENI BUDAYA PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NISSA MAUDI YASMIN-(A1J020044)-SKRIPSI - Nissa Maudi Yasmin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peer Assessment Dalam Pembelajaran
Prakarya dan Seni Budaya Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar. Metode penelitian
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri
dari 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu,
triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah Peer assesment
dapat berkontribusi dalam penilaian formatif dan penilaian sumatif. Nilai dari peer
assessment digunakan sebagai penilaian formatif. Kemudian dalam penilaian sumatif,
dapat digunakan sebagai nilai tambah. Peer assessment membantu menghemat waktu
pamong belajar dalam penilaian karena karya langsung dinilai saat itu juga dan dapat
membantu mengurangi beban pamong belajar dalam memberikan umpan balik
kepada warga belajar. Melalui peer assessment warga belajar menjadi termotivasi,
menimbulkan semangat belajar dan mempunyai keinginan untuk datang kekelas
mengikuti pembelajaran sehingga nilai mengalami peningkatan, peer assessment
dapat membuat warga belajar mempunyai sikap percaya diri. Peer assessment
merupakan penilaian yang menyenangkan untuk diikuti oleh warga belajar, mereka
dapat menjadi penilai dan menunjukkan hasil karyanya, dapat mengajukan
pertanyaan dengan demikian suasana kelas tidak menjadi pasif. Warga belajar merasa
peer assessment berguna sebagai tujuan perbaikan nilai yang lebih baik.
Kata Kunci : Peer assessment, Paket Kesetaraan, Penilaian warga belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25861 |