PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN CARA MELENGKAPKAN KUADRAT SEMPURNA DAN DENGAN RUMUS abc DI KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU.

Dian Ningsih, Betty and Zamzaili , Zamzaili and Irsal, Idris (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN CARA MELENGKAPKAN KUADRAT SEMPURNA DAN DENGAN RUMUS abc DI KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of BETTY DIAN NINGSIH-2.pdf] Text
BETTY DIAN NINGSIH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (800kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada dan tidaknya
perbedaan hasil belajar dan respon siswa antara siswa yang menyelesaikan soal-soal
persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna dan dengan
menggunakan rumus abc. Penelitian ini dilaksanakan mulai 25 November 2008
sampai dengan 20 Desember 2008. Pada penelitian ini kelas yang terpilih menjadi
kelas sampel adalah kelas 1 Akuntansi 1 dan kelas 1 Akuntansi 2. Kelas 1 Akuntansi
1terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas 1 Akuntansi 2 terpilih menjadi kelas
kontrol. Pada kelas eksperimen penyelesaian soal-soal persamaan kuadrat
diselesaikan dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, sedangkan pada kelas
kontrol penyelesaian soal-soal persamaan kuadrat diselesaikan dengan menggunakan
rumus abc.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes
akhir (postes) dan angket kepada kedua kelas sampel. Data dianalisiss dengan
menggunakan uji t-student. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa data dari
kedua kelas sampel berdistribusi normal. Dari uji homogenitas dengan menggunakan
uji barlett, kedua kelas sampel homogen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan
uji-t diperoleh tHitung (postes) adalah -1.790, sedangkan tTabel adalah 1.67 pada taraf
signifikan 5%. Ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima karena t(1-α)(n - 1) < t < t(1-α)(n -
1) atau -1.67< -1.790 < 1.67, yang artinya “Ada perbedaan hasi belajar antara siswa
yang menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan bentuk
kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc di SMK Negeri 1 Kota
Bengkulu”. Dan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menyelesaikan
soal-soal persaman kudrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna lebih
rendah dari hasil belajar siswa yang menyelesaikan soal-soal persamaan kudrat
dengan menggunakan rumus abc. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk angket respon
siswa terhadap cara mencari akar-akar pesamaan kuadrat dengan melengkapkan
bentuk kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc, diperoleh t’Hitung
adalah -0,218 dan t’Tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,40. %. Ini berarti Ho
diterima karena, t(1-α)(n - 1) < t < t(1-α)(n - 1) atau -1,67 < -0.218 < 1,67 yang artinya
“Tidak terdapat perbedaan respon antara siswa yang menyelesaikan soal-soal
persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan dengan
menggunakan rumus abc di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu”.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:42
Last Modified: 30 Nov 2013 19:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item
View Item