PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON MINDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sibarani, Ezra Imanuela and Irfan, Supriatna and Dwi, Anggraini (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON MINDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Ezra Imanuela Sibarani_A1G021073 - Ezra Imanuela,S.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model hands on minds on
activity terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas IV Sekolah
Dasar. Jenis Penelitian ini adalah adalah Quasi Experimental dengan desain
penelitian The Matching Only Pretest-Posttest control Group Design. Populasi
pada penelitian ini adalah SD Negeri Gugus XVII Kota Bengkulu. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas IVA SD Negeri 04 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol
dan kelas IVB SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Instrumen
pada penelitian ini menggunakan instrumen tes .Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptive, uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji Mann Whitney. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara data nilai rata-rata pretest
posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan model pembelajaran
hands on minds on activity. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai Uji Mann Whitney
Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,018. Karena nilai 0,018 < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara
pretest posttest pada kelas eksperimen dan kontrol dalam kemapuan komunikasi
matematis. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran hands on minds on
activity dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis peserta didik
kelas IV Sekolah Dasar Kota Bengkulu
Kata Kunci : Hands on, Minds on, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:39
Last Modified: 23 Sep 2025 08:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200