UPAYA GURU MENANAMKAN PEMBIASAAN 4 KATA AJAIB (MAAF, TOLONG, PERMISI, TERIMA KASIH) KEPADA PESERTA DIDIK DI KELAS V B SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Anastasia, Jesicha and Osa, Juarsa and Herman, Lusa (2025) UPAYA GURU MENANAMKAN PEMBIASAAN 4 KATA AJAIB (MAAF, TOLONG, PERMISI, TERIMA KASIH) KEPADA PESERTA DIDIK DI KELAS V B SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
JESICHA ANASTASIA 2 - Jesicha Anastasia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan
pembiasaan 4 kata ajaib (maaf, tolong, permisi, terima kasi) kepada peserta didik
di kelas 5B serta untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembiasaan
4 kata ajaib dalam meningkatkan sikap sopan santun peserta didik di SD Negeri
60 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi dekriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru
kelas 5B, dan peserta didik kelas 5B. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman pembiasaan 4 kata ajaib di SD
Negeri 60 Kota Bengkulu memiliki dua kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan
spontan, untuk melihat penanaman pembiasaan 4 kata ajaib sudah dilakukan
secara efisien atau belum dilihat dari jenis-jenis pembiasaan yaitu Modelling,
Dialogue, Practice, Confirmation. (2) Faktor penghambat implementasi
pembiasaan 4 kata ajaib jika dilihat dari jenis-jenis pelaksanaan pembiasaan yaitu
Modelling atau pemberian contoh guru mengatakan adanya keterbatasan waktu,
Dialogue atau komunikasi guru mengatakan peserta didik tidak fokus dan tidak
tertarik, Practice atau penerapan oleh peserta didik belum maksimal karena
merasa malu atau gengsi, Confirmation atau teguran guru mengatakan bahwa
peserta didik tidak jera dan melakukan kesalahan berulang. Dengan demikian
dapat disimpulkan penanaman pembiasaan 4 kata ajaib di SD Negeri 60 Kota
Bengkulu sudah berjalan, akan tetapi masih terdapat faktor penghambat
implementasi 4 kata ajaib dalam membentuk karakter sopan santun peserta didik.
Kata Kunci: Pembiasaan, 4 Kata Ajaib, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:39
Last Modified: 23 Sep 2025 08:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200