Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Hasanah Kabupaten Bengkulu tengah dengan Pengajaran Remedial Menggunakan Media Lembar Kerja Siswa (LKS)

Andri Yati , Dina and Agus, Susatya and Rusdi, Rusdi (2009) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Hasanah Kabupaten Bengkulu tengah dengan Pengajaran Remedial Menggunakan Media Lembar Kerja Siswa (LKS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Dina Andri Yati-2.pdf] Text
Skripsi Dina Andri Yati-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (932kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas pelaksanaan pengajaran
remediial dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media LKS.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas MTs Pondok Pesantren Al-Hasanah Pondok
Kelapa tahun . ajaran 2008/2009. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas
menurut kasbolah. Langkah-langkah penelitian merupakan kegiatan berulang yang terdiri
dari perencanaan tindakan → pelaksanaan tindakan → observasi → refleksi → rencana
tindakan selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan
lembar observasi. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melakukan
pembelajaran remedial dengan medi LKS. Observasi dilakukan oleh pengamat dan
peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
remedial dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-
rata keadaan awal siswa 31,85 dengan ketuntasan belajar siswa 31,85 %, pada tindakan 1
nilai rata-rata siswa 66,81 dengan persentase ketuntasan 75 % dan pada tindakan II nilai
rata-rata siswa 85 dengan persentase ketuntasan 100 %. Keaktifan siswa dalam
pembelajaran remedial dengan media LKS meningkat pada setiap tindakannya, dengan
rata-rata skor pengamatan pada pengajaran tindakan I yaitu 12,5 dengan kriteria cukup,
sedangkan untuk pengajaran tindakan II yaitu 20,5 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:50
Last Modified: 30 Nov 2013 19:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item
View Item