Sari, Mayang and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH MODEL TGT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS X KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
MAYANG SARI A1G021067 UNIB - Mayang Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT berbantuan
wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV
Gugus X Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen semu. Pengambilan data angket dilakukan sebelum dan sesudah
pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian
ini adalah Gugus X Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah SDN 58 berjumlah
28 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 15 berjumlah 31 siswa sebagai kelas
kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random
sampling. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata posstest kelas eksperimen
sebesar 90,7500 dan kelas kontrol sebesar 86,0323. Hasil uji prasyarat didapatkan
nilai sig kelas eksperimen 0,288 > 0,05 dan kelas kontrol 0,206 yang artinya data
berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas nilai posttest sebesar 0,209 > 0,05 yang
artinya data kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan homogen. Hasil uji
hipotesis didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model TGT berbantuan
wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV
Gugus X Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model TGT, wordwall, motivasi belajar, matematika.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:38 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 08:38 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25891 |

