PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V GUGUS XI KOTA BENGKULU

Sari, Bela Puspita and Neza, Agusdianita and Ike, Kurniawati (2025) PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V GUGUS XI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI BELA PUSPITA SARI - bela puspita sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media
Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
kelas V Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode penelitian Quasy Experiment dengan jenis desain The Matching Only
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas V Gugus XI Kota Bengkulu. Sampelnya adalah siswa kelas VA
SDN 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas VA SDN 41 sebagai kelas
kontrol yang diperoleh melalui teknik sampel Cluster Random Sampling. Teknik
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest yang dibuat ke
dalam soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Hasil uji data pretest siswa
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung adalah -
1,465 dan nilai Sig.(2-tailed) 0,149 serta distribusi ttabel dengan taraf signifikansi
0,05 adalah 1,673, sehingga thitung < ttabel dengan nilai thitung berjumlah (-1,465)
dan nilai ttabel berjumlah (1,673) dan nilai Sig.(2-tailed) berjumlah (0,149)
dimana lebih besar dari taraf signifikansi yang berjumlah (0,05), sehingga tidak
adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis data
posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung
adalah 3,765 dan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 serta distribusi ttabel dengan taraf
signifikansi 0,05 adalah 1,673, sehingga thitung > ttabel dengan nilai thitung yang
berjumlah (3,765) dan nilai ttabel yang berjumlah (1,673) dan Sig.(2-tailed)
berjumlah (0,000) dimana lebih kecil dari taraf signifikansi yang berjumlah
(0,05), dapat ditarik kesimpulan data tersebut menunjukkan adanya perbedaan
nilai rata-rata yang signifikan dan terdapat pengaruh dari media Augmented
Reality terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Matematika, Hasil belajar, Media Augmented Reality, Bangun
Ruang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:39
Last Modified: 23 Sep 2025 08:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25898

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200