Angelia, Bertha and Endang, Widi Winarni and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD IPA MENGGUNAKAN MODEL NHT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA KELAS V SDN GUGUS XI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Bertha Angelia PGSD (A1G021095)_compressed - bertha angelia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-LKPD
IPA menggunakan model NHT berbantuan aplikasi kahoot terhadap pengetahuan
faktual dan konseptual siswa kelas V SDN Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif, metode eksperimen semu dengan desain the
matching only pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian adalah
SDN Gugus XI Kota Bengkulu yang terakreditasi A dan menerapkan kurikulum
merdeka. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 5 sebagai kelas
eksperimen dan VC SDN 41 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan
sampel cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah
10 soal yang diberikan melalui pretest dan posttest. Jenis teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif,
analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil
rata-rata pada pembelajaran IPAS materi rantai makanan dan jaring-jaring
makanan kelas eksperimen sebesar 73,33 dan kelas kontrol sebesar 54,07
sehingga rata-rata pengetahuan faktual dan konseptual kelas eksperimen lebih
besar dari kelas kontrol (73,33 > 54,07). Hasil uji hipotesis menggunakan
independent sample t-test diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05,
maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD IPA menggunakan model
NHT berbantuan aplikasi kahoot memberikan pengaruh terhadap pengetahuan
faktual dan konseptual siswa kelas V SDN Gugus XI Kota Bengkulu.
Kata Kunci: E-LKPD, IPA, Numbered Head Together (NHT), Pengetahuan
Faktual, Pengetahuan Konseptual
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:39 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25899 |