Nasution, Andika Rahman and Willy, Abdillah (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELON PREMIUM BENGKULU (Studi Pada PT. Tobo Agriculture Group). Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI ANDIKA RAHMAN N LENGKAP-1 - Andika Rahman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Melon (Cucumis melo L) merupakan salah satu komoditi buah-buahan
semusim yang banyak disukai masyarakat. Selain karena rasa yang manis, tekstur
daging yang renyah, warna yang bervariasi, aroma yang khas, melon juga kaya akan
vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan. Karena semakin banyaknya minat
pelanggan akan produk Melon Premium ini dan hasil produksi yang belum bisa
memenuhi pasar maka penulis ingin melakukan penelitian dengan tujuan untuk
menganalisis strategi pengembangan bisnis melon premium Bengkulu.
Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan. Sedangkan strategi
pengembangan bisnis adalah suatu cara atau proses yang menggerakkan pikiran,
tenaga, dan tubuh untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan kualitas dan kuantitas
produksi dari kegiatan ekonomi, serta meningkatkan lapangan pekerjaan saat ini dan
yang akan datang. VRIN (valuable, rare, imitability, non-subsitusi) merupakan
indikator kompetensi yang dimiliki organisasi agar dapat menjadi sumber
keunggulan bersaing berkelanjutan. PESTEL (politik, ekonomi, sosial, teknologi
dan legal) adalah kerangka strategis yang biasa digunakan untuk mengevaluasi
lingkungan bisnis dimana perusahaan beroperasi. Model lima kekuatan atau 5-
Forces merupakan pendekatan yang sering dipakai untuk mengembangkan
strategi oleh banyak industry. SWOT adalah arti kata dari kekuatan internal
(Internal Strength) dan kelemahan (Weakness) dari sebuah perusahaan dan
lingkungan, kesempatan (Opportunities) dan ancaman (Threat) bagi perusahaan
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah field research. Sedangkan
pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam
penelitian ini adalah owner Toboponik sendiri yang merupakan pendiri dari PT. Tobo
Agriculture Group, informan utama pada penelitian ini adalah manager produksi,
sementara informan pendukung adalah asisten manager produksi. Metode
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi pustaka dan
dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan analisis lingkungan eksternal didapatkan
dari hasil analisis wawancara dengan metode Porter Five’s Forces dan analisis
PESTEL. Pada identifikasi lingkungan internal, faktor-faktor yang dianalisis berupa
kekuatan dan kelemahan yang didapat dari elemen-elemen yang didapatkan dari hasil
analisis industri dengan analisis VRIN.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis melon
premium di PT. Tobo Agriculture Group berada pada posisi Kuadran I yaitu (Agresif)
maka alternatif strategi yang harus dipergunakan agar pengembangan agribisnis
melon secara optimal adalah strategi S-O yang berarti membuat strategi dengan
memanfaatkan peluang industri yang ada dengan memaksimalkan kekuatan internal
yang di miliki oleh suatu usaha untuk menangkap peluang. Adapun strategi S-O yang
dapat diterapkan dalam hal ini adalah: 1) Pemerintah harus membuat kebijakan
tentang memaksimalkan lahan untuk produk hortikultura tertentu sesuai dengan
potensi wilayahnya masing-masing, 2) Perusahaan dapat mempertahankan produk
yang berkualitas tinggi dengan sistem tanam hidroponik, 3) Memanfaatkan kualitas
produk yang unggul untuk merebut permintaan di pasar yang lebih luas, 4)
Melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, 5) Pemerintah harus menjamin
peluang pasar buah melon premium di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Melon Premium, Strategi Pengembangan Bisnis, Bisnis Strategi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:32 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 08:32 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25915 |

