Zulianingsih, Noviarita and M., Fachruddin and Zamzaili , Zamzaili (2009) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dengan Metode Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Kerkap. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![NOVIARITA ZULIANINGSIH-2.pdf [thumbnail of NOVIARITA ZULIANINGSIH-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NOVIARITA ZULIANINGSIH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan
keaktifan siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok
dengan metode resource based learning dan untuk mengetahui apakah penerapan
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan metode resource based
learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa serta untuk
mengetahui bagaimana respon siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui
penerapan pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan metode resource
based learning.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kerkap tahun
ajaran 2008/2009 yang berjumlah 37 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa
laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan
Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan
kelas meliputi: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Refleksi
⇒ Rencana Tindakan Siklus selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar
tes, observasi, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (a)
penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan metode
resource based learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
keaktifan siswa. Hal ini terlihat dari aktifitas siswa meningkat dari siklus I hingga
siklus III dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 dengan kategori cukup,
siklus II rata-rata skor 32,5 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor 34,5
dengan kategori baik. (b) hasil belajar matematika siswa juga meningkat dari siklus I
hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 53,35 dan
ketuntasan belajar klasikal 54,05%, siklus II menunjukkan nilai rata-rata 61,08
dengan ketuntasan belajar klasikal 64,8%, dan siklus III menunjukkan rata-rata 65,54
dan ketuntasan belajar klasikal 81,08%. (c) siswa merespon positif terhadap
pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe
investigasi kelompok dengan metode resource based learning. Hal ini dapat dilihat
dari hasil analisis angket yang meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu 83,77%,
91,88%, dan 97,23%.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 20:02 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 20:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2592 |