PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KESESUAIAN GAYA HIDUP TERHADAP NIAT BELI SHOPEE GENERASI Z UNIVERSITAS BENGKULU

Nurzubaita, Nurzubaita and Ilsya, Hayadi (2025) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KESESUAIAN GAYA HIDUP TERHADAP NIAT BELI SHOPEE GENERASI Z UNIVERSITAS BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRISPSI YHETA ASLI TERBARU_compressed - Nurzubaita Azarodi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Belanja online telah menjadi budaya populer yang berkembang pesat saat ini
seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi. Aktivitas belanja
online telah secara signifikan mengubah perilaku belanja masyarakat, dengan banyak
individu beralih dari belanja secara tradisional ke belanja online. Media online,
terutama platform e-commerce seperti Shopee, telah menjadi pilihan utama bagi
konsumen karena kemudahan akses, promo, diskon, dan berbagai fitur lainnya yang
ditawarkan. Fenomena ini khususnya dominan di kalangan generasi Z dan milenial,
yang tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi internet. Penggunaan teknologi
untuk berbelanja online dipengaruhi oleh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan
penggunaan, dan kesesuaian dengan gaya hidup. Generasi Z dan milenial, yang
merupakan konsumen utama e-commerce, cenderung lebih memilih platform yang
menawarkan kemudahan, pilihan produk yang beragam, promo menarik, interaksi
sosial, serta fleksibilitas pembayaran. Selain itu, mahasiswa juga merupakan segmen
yang sangat aktif dalam belanja online, dengan Shopee menjadi salah satu platform
favorit mereka. Perilaku belanja online, khususnya di kalangan mahasiswa, dapat
mempengaruhi pola konsumsi dan gaya hidup. Mahasiswa cenderung membeli
barang bukan hanya berdasarkan kebutuhan, tetapi juga untuk mengekspresikan gaya
hidup dan memenuhi tuntutan sosial. Dalam konteks ini, belanja online menjadi
sebuah kegiatan yang tak hanya memenuhi kebutuhan praktis, tetapi juga menjadi
bagian dari identitas dan gaya hidup mahasiswa.
Penelitian tentang perilaku belanja online, terutama di kalangan generasi Z
dan mahasiswa, menjadi sangat penting untuk memahami tren konsumsi masa kini
dan mengantisipasi perubahan dalam pasar e-commerce. Melalui pemahaman yang
lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat beli online, perusahaan e�commerce dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan
dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini mengkaji 4 variabel yakni persepsi
kegunaan (X1) Persepsi Kemudahan (X2), Kesesuaiaan Gaya Hidup (X3) sebagai
variabel bebas serta Niat Beli (Y) sebagai variabel terikatnya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan serta
kesesuaian gaya hidup terhadap niat beli e-commerec Shopee generasi Z Universitas
Bengkulu secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan verifikatif yakni kajian
ilmiah yang signifikan mengenai komponen-komponen kejadian serta hubungan
sebab akibat yang terjadi pada suatu komponen dan mengetahui hubungan antara dua
variabel atau lebih. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin dengan
populasi sejumlah 18.046 orang dengan menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh jumlah sampel sebanyak 391 orang yakni mahasiswa aktif D3 dan S1
xi
Universitas Bengkulu. Data disebarkan menggunakan kuisioner berbasis google from
yang disebar melalui berbagai media sosial, kemudian data tersebut diuji dahulu
menggunakan uji validitas dan reabilitas. Analisa data selanjutnya pada penelitian ini
menggunakan regresi linier berganda dengan uji Determinasi, uji T, uji F
menggunakan IBM SPSS 18.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh terhadap niat beli.
Persepsi kegunaan (X1) menunjukan adanya pengaruh negatif yang signifikan
terhadap niat beli niat beli shopee generasi Z dilingkungan Universitas Bengkulu,
perspsi kemudahan(X2) menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan
terhadap niat beli niat beli shopee generasi Z dilingkungan Universitas Bengkulu, dan
kesesuaian gaya hidup (X3) menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan
terhadap niat beli niat beli shopee generasi Z dilingkungan Universitas Bengkulu.
Hasil dari uji F atau simultan menunjukan adanya pengaruh secara signifikan
terhadap niat beli Shopee generasi Z dilingkungan Universitas Bengkulu.
Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif yang
signifikan secara parsial pada variabel persepsi kegunaan terhadap niat beli shopee
generasi Z dilingkungan Universitas Bengkulu. Terdapat pengaruh positif yang
signifikan pada variabel Persepsi kemudahan dan kesesuaian gaya hidup terhadap niat
beli shopee generasi Z di lingkungan Universitas Bengkulu. Secara simultan pada
Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Kesesuaian Gaya Hidup terhadap niat
beli beli ecommerce generasi Z di lingkungan Universitas Bengkulu.
Kata kunci: Kesesuaian Gaya Hidup, Niat Beli, Persepsi Kegunaan, Persepsi
Kemudahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:49
Last Modified: 23 Sep 2025 08:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200