Febrian Surya Baskara, Aditya and Panji, Suminar and Mas, Agus Firmansyah (2025) PENGARUH RETORIKA DIGITAL TERHADAP KEPERCAYAAN FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @malakaproject.id. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aditya Febrian Surya Baskara_D2E023002_Tesis_Fisip_Unib - Aditya Febrian Surya Baskara (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Retorika sebagai sebuah ilmu telah ada sejak lama, yang dianggap sangat efektif dalam mempersuasi khalayak. Namun meskipun demikian, retorika belum banyak diteliti secara eksplisit kefektifannya dalam konten-konten di media sosial. Penelitian ini akan meneliti mengenai pengaruh retorika digital pada akun instagram @malakaproject.id terhadap kepercayaan followers dalam mengikuti akun instagram tersebut yang meliputi tiga pilar retorika yaitu Logos, Pathos dan Ethos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei, dengan kuesioner menggunakan google form sebagai instrumen utama.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari logos, pathos, dan ethos terhadap kepercayaan followers pada akun instagram @malakaproject.id
secara parsial maupun simultan. Data yang telah didapat dari 123 responden kemudian dianalisis menggunakan software Smart PLS 4. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien
Determinasi (R square). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara simultan maupun parsial dari variabel independen (logos, pathos, ethos) terhadap
variabel dependen (Kepercayaan Followers) yang ditunjukkan oleh nilai P value yang lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu sebesar 5% (0,05).
Pengaruh terbesar diberikan oleh variabel logos (bukti logis), diikuti oleh variabel pathos (emosi) dan yang terakhir variabel ethos (kredibilitas sumber). Kemudian
secara bersama-sama variabel Logos, Pathos dan Ethos berpengaruh terhadap kepercayaan followers sebesar 52.4% dan untuk sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diujikan sebesar 47.6%. Dan berdasarkan uji hipotesis maka hipotesis 1,2,3, dan 4 dalam penelitian ini diterima dan hipotesis 0 ditolak.
Kata kunci: Retorika Digital, Logos, Pathos, Ethos, Akun Instagram @malakaproject.id, Kepercayaan Followers.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Communication Science Program |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:54 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25945 |