PENGARUH MEDIA WORDWALL DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 82 KOTA BENGKULU

Tias, Deahayu Ning and Osa, Juarsa and Atika, Susanti (2025) PENGARUH MEDIA WORDWALL DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 82 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DEAHAYU NING TIAS (2) - Dea Hayuningtias.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wordwall dengan
pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap prestasi belajar
pendidikan Pancasila kelas IV SDN 82 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy
eksperimen dan menggunakan desain penelitian The Macthing Only Pretest-
Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN 82 Kota Bengkulu, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas IV D
sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang diperoleh
melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah menggunakan soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda.
Hasil uji Independent Sample T-test pada data posttest kelompok kontrol dan
eksperimen memperoleh nilai thitung bernilai -3,791 dan sig.(2-tailed) pada nilai
soal posttest adalah 0,000. Adapun nilai distribusi ttabel untuk df = 52 adalah
1,675 sehingga diperoleh nilai thitung < ttabel yakni (-3,791 < 1,675) dan nilai
sig.(2-tailed) adalah 0,000 yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 atau
(0,000 < 0,05) sedangkan data pretest. Berdasarkan data tersebut, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan pada
nilai rata-rata posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adapun
kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya
terdapat pengaruh media wordwall dengan pendekatan CRT terhadap prestasi
belajar pada aspek pengetahuan pada materi keragaman sosial dan budaya
kelas IV SDN 82 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila, Wordwall, Culturally Responsive
Teaching (CRT)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:55
Last Modified: 24 Sep 2025 02:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25950

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200