Suni, Iluh Metta Wimala and Neza, Agusdianita and Nani, Yuliantini (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA EDUCANDY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI FULL FIKS (2) - Metta WS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) berbantuan media Educandy terhadap minat belajar
siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN gugus III Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
quasy experiment dan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V gugus III Kota
Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VB SDN 03 Kota Bengkulu
sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas V SDN 57 Kota Bengkulu sebagai kelas
kontrol yang diperoleh melalui cluster random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah non tes digunakan untuk mengukur minat belajar dakam bentuk
angket berupa angket akhir dan angket awal. Hasil uji hipotesis pada kelas
eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences
Assumed = 2,587 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,013 serta nilai distribusi ttabel
adalah 2,021, sehingga thitung > ttabel (2,587 > 2,021) dan Sig.(2-tailed) 0,013 < 0,05.
Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata minat belajar pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang
berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Educandy
terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN gugus
III Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Matematika, Media Educandy, Minat Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:54 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:54 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25952 |

