Rahmadani, Adea Putri and Feri, Noperman and Yusnia, Yusnia (2025) PENGARUH PERMAINAN INTERAKTIF ESCAPE ROOM BERBASIS GENIALLY TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Lengkap - Adeaputri rahmadani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan interaktif Escape
Room berbasis Genially terhadap minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasy
Experiment dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kota Bengkulu
dengan sampel adalah siswa kelas IVC SDN 5 Kota Bengkulu sebagai kelompok
eksperimen dan siswa kelas IVC SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol
yang diperoleh melalui teknik sampel Cluster Random Sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah non tes digunakan untuk mengukur minat belajar
dalam bentuk angket berupa angket pretest dan posttest. Jenis teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik
deskriptif, dan analisis uji prasyarat. Uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Sig. (2-tailed) =
0,000 < 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata posttest pada
mata pelajaran IPAS kelompok eksperimen (93,03) dan kelompok kontrol (86,68),
maka terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dan dinyatakan kelompok eksperimen yang
menggunakan permainan interaktif escape room berbasis Genially dapat
mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh permainan interaktif escape room berbasis Genially terhadap minat
belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu.
Kata Kunci: IPAS, Minat Belajar, Permainan Interaktif, Escape Room, Genially
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:54 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25955 |