Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MTS N I Kota Bengkulu.

Nurkaesal, Yofi and Irsal, Idris and Rusdi, Rusdi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MTS N I Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Yofi Nurkaesal-2.pdf] Text
Yofi Nurkaesal-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan
pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran
matematika kelas VIIId MTs N 1 Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui apakah
penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VIIId MTs N 1 Kota Bengkulu.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIId MTs Negeri 1 Kota Bengkulu tahun
ajaran 2008/2009 yang berjumlah 39 orang siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan
tindakan kelas meliputi: Rencana Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒
Refleksi ⇒ Rencana Tindakan Siklus selanjutnya. Siklus dihentikan setelah nilai rata-
rata siswa naik ≥ 0,5 tiap siklus dan ketuntasan belajar mencapai 65%. Pengumpulan data
menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa: (a)
penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui 6 fase pembelajaran kooperatif
yaitu: Fase I menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa ⇒ Fase II menyampaikan
informasi ⇒ Fase III mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
yang terdiri dari 5 orang per kelompok ⇒ Fase IV membimbing kelompok bekerja dan
belajar ⇒ Fase V evaluasi ⇒ Fase VI memberikan penghargaan kelompok. Penerapan
STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifitas siswa. Hal ini
dapat terlihat dari aktifitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada
siklus I diperoleh rata-rata skor 21,5 dengan kategori cukup, siklus II rata-rata skor 27
dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor 29 dengan kategori baik. (b) hasil
belajar matematika siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada
siklus I menunjukkan nilai rata-rata 4,78 dan ketuntasan belajar 25,64%, siklus II
menunjukkan nilai rata-rata 6,11 dan ketuntasan belajar 48,72%, dan siklus III
menunjukkan rata-rata 7,23 dan ketuntasan belajar 74,36%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:25
Last Modified: 30 Nov 2013 20:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item
View Item