EVALUASI KESESUAIAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN KEAKSARAAN MATA PELAJARAN MENULIS DENGAN PELAKSANAANNYA DI LAPANGAN (Studi Kasus PKBM WIDYA KENCANA DESA PASAR UJUNG KABUPATEN KEPAHIANG)

APRIANI, APRIANI and Suardi, Jasma and Yayan, Mulyana (2009) EVALUASI KESESUAIAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN KEAKSARAAN MATA PELAJARAN MENULIS DENGAN PELAKSANAANNYA DI LAPANGAN (Studi Kasus PKBM WIDYA KENCANA DESA PASAR UJUNG KABUPATEN KEPAHIANG). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of Skripsi Apriani.pdf] Text
Skripsi Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan
kurikulum berbasis kompetensi pendidikan keaksaraan mata pelajaran menulis
pada
lembaga
PKBM
WIDYA
KENCANAdan
faktor-faktor
yang
mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik
pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah
data diperoleh, lalu diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini
digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek penelitian adalah warga belajar, tutor, dan penyelenggara program
Pendidikan Keaksaran di lembaga PKBM WIDYA KENCANA dengan teknik
pengambilan sampel snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum berbasis
kompetensi pendidikan keaksaraan mata pelajaran menulis di lembaga PKBM
WIDYA KENCANA telah disesuaikan pelaksanaannya pada tahun ajaran
2007/2008 dengan standardisasi yang dirumuskan dan ditetapkan oleh Dirjen PLS
dan Pemuda. Akan tetapi belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini ditunjukkan pada
pelaksanaan indikator standardisasi sesuai dengan indikator komponen yang
dinilai yang dirumuskan oleh Depdiknas tahun 1999 dan diperbaharui pada tahun
2006, yaitu telah terlaksananya 4 indikator aspek keberhasilan dari 6 indikator
yang ada. Indikator tersebut adalah Menulis huruf vokal dan konsonan abjad latin
dengan lancar, Menulis suku kata yang sekurang-kurangnya terdiri dari 2 huruf,
Menulis nama, usia, tempat lahir, tanggal lahir, dan Menulis nama jalan, nomor
rumah, RT/RW, nama desa, nama kecamatan, kabupaten/kota. Hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa di lembaga PKBM WIDYA KENCANA tersebut dalam
pelaksanaan indikator kurikulum di pengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi
faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat meliputi latar
belakang tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi standar tenaga
pendidik. Selain itu sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran
juga kurang. Sedangkan faktor pendukung meliputi metode dan pendekatan yang
digunakan telah disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu kebutuhan peserta didik
maupun kebutuhan lembaga dan kemampuan tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:33
Last Modified: 30 Nov 2013 20:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200