HUBUNGAN ANTARA EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DENGAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SD N GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Nurhasanah, Nurhasanah and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2025) HUBUNGAN ANTARA EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DENGAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SD N GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI NURHASANAH - Nur Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ekstrakulikuler pramuka
dengan prestasi non akademik peserta didik di SD N Gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SDN Gugus XIV Kota Bengkulu
yang memiliki Ekstrakulikuler Pramuka aktif. Dalam penelitian ini pengambilan
sampel menggunakan teknik sampling non-probabilitas yaitu purposive sampling ialah
teknik pengambilan sampel di mana subjek dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria
tertentu yang dianggap relevan oleh peneliti, sampel penelitian ini berjumlah 45 peserta
didik. Instrument penelitian menggunakan lembar angket langsung dengan jenis angket
tertutup dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji
prasyarat menggunakan uji normalitas, analisis korelasi yaitu uji signifikansi variabel
dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan
yang signifikan antara ekstrakulikuler pramuka dengan prestasi non akademik. Hasil
tersebut dibuktikan dari nilai sig (1-tailed) bernilai 0,009 dengan nilai pearson
correlation 0,350 tanda koefisien regresinya positif. Besaran variabel ekstrakurikuler
pramuka terhadap variabel prestasi non akademik sebesar 12,2%. Faktor lain yang
berpotensi memiliki hubungan dengan prestasi non-akademik peserta didik
adalah peran seorang pembina dalam melakukan pendampingan pada pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler. Pembina yang aktif dan kompeten dapat memberikan
bimbingan serta motivasi kepada siswa, sehingga mereka lebih termotivasi untuk
berpartisipasi dalam kegiatan non-akademik. Selain itu, dukungan dari pembina juga
dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri yang
diperlukan untuk mencapai prestasi di luar akademik. Dengan demikian, peran
pembina yang efektif sangat penting dalam mendorong siswa untuk meraih prestasi
non-akademik yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara
ekstrakurikuler pramuka dengan prestasi non akademik peserta didik di SDN Gugus
XIV Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Ekstrakulikuler, Prestasi non akademik, Pramuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:47
Last Modified: 24 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200