PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Yuliana, Tesa and Nani, Yuliantini and Dwi, Anggraini (2025) PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TESA YULIANA (032)_compressed (1) - Tesa Yuliana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus XIV Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Matching
Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil
menggunakan Teknik cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VB SD
Negeri 45 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VA SD
Negeri 42 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal. Pelaksanaan
tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada
kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t posttest siswa, sig (2-
tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena
adanya perlakuan yang berbeda antara kelompok eksperimen dengan
menggunakan media pop-up book dan kelompok kontrol dengan menggunakan
video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan membaca pemahaman
siswa kelas V SD Negeri Gugus XIV Kota Bengkulu.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:47
Last Modified: 24 Sep 2025 03:47
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25996

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor