Juliarti, Denni and Riyanto, Riyanto and Nina, Kurniah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRAMMED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 52 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SYARAT BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB-output - Deni Juliarti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran programmed instruction untuk meningkatkan keaktifan dan
prestasi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa indonesai kelas V SDN
52 Kota Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas V SDN 52 Kota Bengkulu semester ganjil tahun pelajaran
2024/2025. Melalui teknik sample random sampling diperoleh sample kuasi
eksperimen adalah kelas VA SDN 52 Kota Bengkulu sebagai kelas
eksperimen dan kelas VB SDN 52 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data
penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean) persentase.
Dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran programmed instruction dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar (Studi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas
V SDN 52 Kota Bengkulu)
Kata kunci : Model Pembelajaran Programmed Instruction, Keaktifan,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:10 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26044 |