PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP INOVASI, MEDIA SOSIAL DAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK PIKKUL UMKM A2S KOTA BENGKULU

Fitriyani, Rizki and Apri, Andani and Satria, Putra Utama (2025) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP INOVASI, MEDIA SOSIAL DAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK PIKKUL UMKM A2S KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Bebas Pustaka Rizki Fitriyani E1D018030 - Rizki Fitriyani.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi konsumen terhadap tingkat inovasi
produk Pikkul, menganalisis persepsi konsumen terhadap tingkat efektivitas media sosial
Instagram, menganalisis persepsi konsumen terhadap tingkat keunggulan bersaing produk
Pikkul dan menganalisis pengaruh persepsi konsumen tentang inovasi produk dan media
sosial terhadap keunggulan bersaing produk Pikkul. Penelitian dilakukan di UMKM A2S
Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu unit usaha yang menjual produk keripik kulit ikan
tenggiri pertama di Kota Bengkulu dan menggunakan media sosial instagram @pikkul_a2s.
Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah
50 responden UMKM A2S yang dianggap memenuhi kriteria dan memberikan informasi
yang diperlukan.
Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap tingkat
inovasi produk Pikkul berada pada kategori tinggi. Selanjutnya hasil analisis persepsi
konsumen terhadap efektivitas media sosial Instagram menunjukkan berada pada kategori
sangat efektif. Kemudian, persepsi konsumen terhadap tingkat keunggulan bersaing produk
Pikkul berada pada kategori tinggi. Hasil uji T variabel persepsi konsumen tentang inovasi
produk memperoleh hasil sebesar 0,001 dan variabel persepsi konsumen tentang media
sosial memperoleh hasil sebesar 0,038. Hasil ini menunjukkan kedua variabel pada uji T ini
mempunyai nilai < 0,05 yang berarti masing-masing variabel secara parsial mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji F menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen
berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel dependen. Uji
R² menunjukkan bahwa 54,8% variasi variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel
independen dan sisanya 45,2%, dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian.
Kata Kunci : Persepsi konsumen, Inovasi Produk, Media Sosial, Keunggulan Bersaing,
Keripik Kulit Ikan Tenggiri.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu 2025)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:37
Last Modified: 25 Sep 2025 01:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item
View Item