STRATEGI PENGEM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PAKAN TERNAK PADA UMKM PAKANI, PULAU BAAI KOTA BENGKULU

Randita, Irda and Ridha, Rizki Novanda and Lathifah, Khairani (2025) STRATEGI PENGEM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PAKAN TERNAK PADA UMKM PAKANI, PULAU BAAI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Irda Riandita E1D021085_Skripsi Final - Lingga Agustiana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu merupakan provinsi yang sebagian Kabupaten/Kota terletak
pada pesisir pantai, dimana pilihan utama lapangan usaha masyarakat sekitar yaitu pada
subsektor perikanan.Potensi ini dikembangkan menjadi sebuah usaha mikro pembuatan
pakan ternak berbahan baku ikan. UMKM Pakani telah ada dan berkembang sejak tahun
2004, dan merupakan usaha pakan ternak satu-satunya yang berada di Kota Bengkulu.
Berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya ikan yang tidak habis terjual dan hanya
berakhir sebagai limbah, sehingga pemilik UMKM melihat potensi besar untuk
memanfaatkan sisa-sisa ikan tersebut. Melalui inovasi sederhana, beliau menciptakan
produk pakan ternak berbahan baku ikan.
Metode penentuan lokasi penelitian dan pengambilan responden ini dilakukan
secara sengaja (purposive) dengan asumsi bahwa responden adalah orang yang mampu
menggambarkan keadaan dilapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis
deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis IFAS, EFAS, SWOT
dan QSPM. Hasil penelitian analisis IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa pada
lingkungan internal kekuatan lebih besar dan kuat daripada kelemahan sehingga usaha
masih dapat dikembangkan. Lingkungan eksternal menunjukkan bahwa peluang lebih
tinggi dan besar dibandingkan ancaman sehingga usaha dapat berkembang kedepannya.
Sehingga usaha berada pada kuadran 1 yaitu strategi agresif. Hasil analisis SWOT terdapat
3 alternatif strategi yaitu: (1) Meningkatkan kualitas produk pakan ternak melalui
penerapan quality control aspek input, melakukan uji laboratorium guna memastikan
jaminan mutu dan keamanan produk, (2) membuat branding dan desain kemasan produk
pakan ternak yang menarik dan informatif untuk meningkatkan nilai jual, membangun citra
usaha, serta menarik minat konsumen secara lebih luas, (3) mengoptimalkan pemasaran
dengan memanfaatkan akses pasar dan memperluas jangkauan penjualan melalui
kombinasi metode pemasaran offline dan online, analisis QSPM untuk strategi terbaik pada
strategi I, dengan nilai Total Attractive Score (TAS) sebesar 4,264.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Pakan Ternak, analisis IFAS, EFAS, SWOT, QSPM.
(Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,
Universitas Bengkulu 2025)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:02
Last Modified: 25 Sep 2025 02:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini